Senin, 01 Juli 2013

Kewirausahaan

1. Menurut anda apakah usaha tesebut usaha sukses? 
    Gunakan 7 aspek kelayakan usaha!

Jawaban
1. Aspek Pasar dan Pemasaran
Pasar dikatakan sukses apabila pasar tersebut luas(usahanya sudah tersebar baik didalam negeri ataupun luar negeri). Pada saat ini es teller 77 sudah tersebar dipenjuru dunia..
Pemasaran ini menyangkut tentang strategi yang digunakan untuk meraih sebagian pasar potensial atau peluang pasar atau seberapa besar pengaruh strategi tersebut dapat meraih besarnya market share. dalam aspek ini peluang bisnis ini sangat potensial. dan sukyatno tidak akan mencapai titik puncak sampai saat sekarang ini kalau ia tidak mempunyai strategi dan pangsa pasar yang potensial.
2. Aspek Tekhnis dan Teknologi
Hal ini menyangkut pada pemilihan lokasi, alat-alat, yang sesuai dengan hasil yang diinginkan, layout dan pemilihan teknologi yang sesuai. Seperti yang dapat kita lihat dipusat perbelanjaan/mall-mall dijakarta selalu kita temui es teller 77 itu merupakan pemilihan lokasi yang digunakan untuk menjalankan usaha tersebut.
3.  Aspek Keuangan (Profit)
Hal ini menyangkut pada sumber dana yang akan diperoleh dan proyeksi pengembaliannya dengan tingkat biaya modal dan sumber dana yang bersangkutan. pemilihan lokasi dan tempat usaha merupakan salah satu faktor untuk menentukan harga jual suatu produk.
4. Aspek Manajemen dan Organisasi
Aspek manajemen dan organisasi merupakan aspek yang cukup penting dianalisis untuk kelayakan suatu usaha. karena walaupun suatu usaha telah dinyatakan layak untuk dilaksanakan tanpa didukung manajemen dan organisasi yang baik, bukan tidak mungkin akan mengalami kegagalan. hal yang terdapat dalam aspek manajemen dan organisasi adalah SDM serta pembagian tugas pada setiap Divisi untuk menjalankan fungsinya didalam suatu usaha,
5. Aspek Legalitas (Hukum)
Menyangkut semua legalitas rencana bisnis yang akan dilaksanakan yang meliputi hukum yang berlaku.
sebelum usaha ini dibuat tentu saja hal-hal yang seperti ini sudah diurus terlebih dahulu. diantaranya adalah seperti:
a) Izin Lokasi
b) Akte pendirian perusahaan dari notaris
c) NPWP
d) Surat tanda daftar perusahaan
e) SIUP
6. Aspek Lingkungan
hal ini terkait dengan penempatan suatu usaha serta manfaat/dampak yang ditimbulkan dari suatu usaha tersebut. Dalam usaha es teller 77 bangunan yang dipakai adalah sebuah ruko yang terdapat dibanyak mall-mall baik dijakarta maupun luar daerah.
7. Aspek Sosial dan Ekonomi
Aspek sosial adalah suatu aspek yang menjelaskan tentang apakah usaha tersebut bermanfaat bagi orang banyak. contoh : membuka lapangan pekerjaan
Dalam usaha ini banyak sekali manfaat yang bisa di rasakan contohnya seperti membuka lapangan pekerjaan bagi orang - orang yang tidak memiliki pekerjaan. Saat ini sukyatno memiliki 3000 tenaga kerja
Aspek Sosial
Aspek ini menjelaskan tentang sistem pembayaran gaji karyawan. Dalam penggajian es teller 77 selalu rutin membayar gaji-gaji karyawannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar