Senin, 21 Oktober 2013

Peranan Manajer Dalam Pengelolaan Manajemen Informasi





DISUSUN OLEH :
                                    NAMA                         : DESSI AMELIA
                                    NPM                            : 49211415
                                    PROGRAM STUDY    : BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN




PENDAHULUAN
meningkatnya tugas manajemen bisa di bilang akibat tuntutan pekerjaan yang terus bertambah dan terus menuntut untuk jauh lebih baik.keberhasilan suatu organisasi dalam mencapai tujuannya sangat tergantung pada kemampuan pemimpin yang mengelola organisasi tersebut. Manajemen sebagai suatu metode yang mengatur,mengelola organisasi dapat di artikan sebagai seni melaksanakan sesuatu melalui orang, jika manajemen suatu organisasi baik. Maka akan meningkatkan kemakmuran suatu negara.
keberadaan alat untuk memecahkan persoalan dalam perusahaan itu sangat penting untuk memudahkan dalam pengerjaan pekerjaan.untuk memudahkan pekerjaan dibutuhkan alat seperti komputer. Gagasan untuk menggunakan komputer sebagai sistem informasi manajemen merupakan suatu terobosan besar, karena menyadari bahwa para manajer membutuhkan informasi untuk pemecahan masalah.
ISI

Manajer mengelola lima jenis sumber daya yaitu:
1.      Manusia                                                        
2.      Material                                                                      Sumber Daya Fisik
3.      Mesin (termasuk fasilitas dan energy)
4.      Uang (money)
5.      Informasi (termasuk data)       Sumber Daya Konseptual


Pengaruh Level Manajemen Terhadap Sumber dan Bentuk Informasi
            Pakar manajemen, Robert N.Anthony, membagi tiga tingkat manajemen pokok yaitu puncak, menengah, dan bawah. Manajer tingkat puncak pada susunan organisasi, seperti presiden dan wakil presiden, sering disebut tingkat perencanaan strategis. Keputusannya berpengaruh ke seluruh organisasi untuk masa kini dan mendatang. Manajer tingkat menengah seperti manajer wilayah, direktur dan kepala devisi. Manajer pada tingkat ini melakukan pekerjaan-pekerjaan bersifat taktis dan dinamakan tingkat manajemen control, karena mereka bertanggung jawab dalam meletakkan perencanaan menjadi pekerjaan nyata dan memastikan akan tercapainya tujuan. Manajer tingkat rendah adalah kepala departemen, supervisi, dan pimpinan proyek, merupakan orang yang bertanggung jawab menjalankan perencanaan yang dibuat oleh manajer pada tingkat di atasnya. Tingkat paling rendah ini dinamakan tingkat control operasional, karena pada tingkat inilah operasional perusahaan ditangani.
Area Perusahaan
ssss.png






Peranan Manajer Dalam Pengelolaan Manajemen Informasi
Sumber daya manajemen ada 2:
  1. Sumber daya fisik : manusia,mesin,material,uang.
  2. Sumber daya konseptual : informasi(termasuk data).
Peranan manajer mengelola sumber daya ini agar dapat digunakan secara efektif. Sebagai tindak lanjut dari peranan manajer maka perlu adanya usha penataan sumber daya termasuk didalamnya manajemen informasi yakni berupa:
-Sumber daya harus di susun sedemikian rupa sehingga setiap saat di perlukan dapat segera dimanfaatkan dan perlu dilakukan modifikasi.
-sumber daya harus dimanfaatkan semaksimal mungkin.
-sumber daya harus selalu diperbaharui.
Pekerjaan yang Dilakukan Oleh Para Manajer (Fungsi Fayol)
Manajer melakukan lima fungsi manajemen yaitu:
1.  Manajer merencanakan (plan) apa yang mereka lakukan
2.  Manajer mengaturnya (organize) agar sesuai rencana yang diinginkan
3. Manajer menemukan (staff) yang tepat dan menyesuaikannya dengan sumber daya yang dibutuhkan
4.  Manajer mengarahkan (direct) untuk melaksanakan perencanaan
5.  Manajer harus melakukan kontrol sumber daya untuk memastikan berjalan sesuai jalurnya
Peran-peran Manajerial Mintzberg
1.   Peran Antar Pribadi (interpersonal roles)
2.   Peran Informasi
3.   Peran Keputusan (decisional Roles)



Keterampilan manajemen ada 2 :
1.      keahlian komputer dan
2.      keahlian informasi.

Di jaman yang sudah mengandalkan teknologi serba canggih ini,komputer adalah alat yang wajib bisa di kuasai.karena hampir semua perusahaan menggunakan komputer untuk menjalankan pekerjaan.manajer dan sistem informasi,sistem adalah sekelompok elemen-elemen  yang saling berinteraksi  untuk mencapai tujuan tertentu,contoh:perusahaan manufaktur.setiap sistem memiliki batas-batas luar yang memisahkannya dari lingkungannya.tidak semua sistem memiliki kombinasi elemen sistem yang sama,namun secara umum bisa di gambarkan terdiri dari sumber daya input(masukkan),proses transformasi dan sumberdaya output(keluaran).

Pemimpin harus memiliki tiga kemampuan khusus yakni :
  • Kemampuan analitis (analytical skills), yakni kemampuan untuk menilai tingkat pengalaman dan motivasi bawahan dalam melaksanakan tugas.
  • Kemampuan untuk fleksibel (flexibility atau adaptability skills), yaitu kemampuan untuk menerapkan gaya kepemimpinan yang paling tepat berdasarkan analisa terhadap situasi.
  • Kemampuan berkomunikasi (communication skills), yakni kemampuan untuk menjelaskan kepada bawahan tentang perubahan gaya kepemimpinan yang diterapkan.
Sumber
ymayowan.lecture.ub.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar