Minggu, 05 Januari 2014

PERANAN PEMROSESAN KOMPUTER DALAM PEMECAHAN MASALAH



DISUSUN OLEH :
                                    NAMA                        : DESSI AMELIA
                                    NPM                           : 49211415
                                    PROGRAM STUDY : BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
 

BAB I
PENDAHULUAN
Komputer sekarang ini berbeda dengan model awalnya, semua komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan arsitektur komputer ini disebut skema komputer (computer shematic).Penyimpanan komputer (computer storage) mempunyai dua bentuk dasar, primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi integrated circuit untuk menyidiakan Random Access Memory (RAM), Read Only Memory (ROM), dan cache memory.
Keyboard adalah unit input komputer yang paling populer, dan efisiensinya telah ditingkatkan dengan alat penunjuk (pointing device). Namun, kontribusi yang lebih besar untuk mengurangi antrian input telah dibuat dengan otomasi data sumber.Input suara (voice input) yang sebelumnya dipandang sebagai solusi potensial atas masalah input, tidak sesuai harapan.
Para pemakai menyukai output yang ditampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat dapat dibuat oleh beragam printer dan plotterOutput yang lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform. Perangkat lunak dapat dibagi menjadi 2 kategori utama yaitu sistem dan aplikasi. Perangkat lunak sistem meliputi sistem operasi, program utility dan penerjemah. Perangkat lunak aplikasi dapat dibuat spesialis informasi perusahaan atau dibeli dalam bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak. Perangkat lunak jadi (Prewritten Software) mempunyai jenis pokok bisnis umum, khusus industri, produktivitas organisasional dan produktivitas personal.
Satu alasan untuk kepopuleran end-user computing adalah banyaknya perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user friendly). Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti panduan dialog (guided dialogue), penjelasan sesuai konteks (context sensitive) dan grafis antar muka pemakai (graphical user interface).
Akurasi pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input. Kesalahan input dapat dikurangi tapi tidak dapat dihilangkan seluruhnya dengan menyatukan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan kesalahan ke dalam rancangan sistem. Sebuah perkembangan dalam input dan output komputer adalah multimedia, yang mengkombinasikan berbagai bentuk presentasi visual dan audio.

BAB II
PEMBAHASAN

1.            Dasar-dasar pemprosesan komputer

Arsitektur komputer
         Peralatan Input
         Pemrosesan pusat
         Penyimpanan sekunder
         Peralatan Output
Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar yang sama.
Skema komputer  (computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar yang terdapat dalam semua sistem komputer.
 
Skema Komputer
         Central processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan mengubah input menjadi output.
-Primary storage (penyimpanan primer), berisi data yang sedang diolah dan program.
-Control unit (unit pengendali), membuat semua unit bekerja sama sebagai suatu sistem
-Arithmatika and logical Unit , tempat berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
         Unit Input,  memasukkan data ke dalam primary storage.
         Secondary storage  (penyimpanan sekunder),  menyedikan tempat untuk menyimpan program dan data saat tidak digunakan.
         Unit Output, mencatat hasil pengolahan.
Peralatan Input
         Beberapa alat input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian  dikenal dengan terminal.
         Bila terminal dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau Remote Batch terminal.
         Alat input dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung.
         Alat input langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal. Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing device, scanner, voice recognizer.
         Alat input tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU, tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Peralatan Input
  1. KEYBOARD
  2. ALAT PENUNJUK
          Mouse
          Trackball
          Touch screen
          Light pen
          Unit remote control
  1. ALAT PEMBACA OPTIS
  2. ALAT PEMBACA MAGNETIK
  3. BERBICARA PADA KOMPUTER
Pemrosesan Pusat (CPU)
         Bagian ini berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan data.
         Pekerjaan pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan, menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
         Dalam bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
         Internal Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
         ALU (Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
         Control Unit, bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer
         CPU juga disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya.
         Kapasitas bit untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU dilihat dari bit- nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit, dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima bit-bit instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira 2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.
         Faktor lain yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz), 8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.
Contoh :
         Microprocesor 8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77 Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan 80486, kedua jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium) dan 80686
         Microprocessor 586 dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah 112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari generasi 486.

Penyimpanan primer (primary storage)

         Penyimpanan primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB).
         Bentuk-bentuk penyimpanan primer:
         RAM (random access memory), adalah memori yang dapat diakses yaitu memori yang dapat diisi dan diambil isinya. RAM bersifat volatile karena isinya akan hilang bilang listrik padam.
         ROM (read only memory) adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat non volatile yaitu isi dari ROM tidak akan hilang jika listrik padam. ROM berisikan intruksi dan data yang memberitahukan komputer  apa yang akan dilakukan pada saat komputer dinyalakan.
         Cache Memory merupakan RAM khusus yang diletakkan antara processor. Cache memory akan dibaca terlebih dahulu oleh processor sebelum mencari intruksi atau data di RAM biasa.
Contoh penyimpanan sekunder sebagai berikut :
         Disket
         Zip disk
         Disk optic : CD & DVD
         Pita magnetik
         Smartcard
         Blue-Ray
         Hardisk
         Memory flash
Peralatan Output
         Output yang dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu : tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti komputer.
         Tiga yang pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai input komputer yang lain.
         Alat output dapat berbentuk :
         Hard copy, alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya Printer, Plotter, COM (Computer Output Microform)
         Soft copy, alat  yang digunakan untuk menampilkan tulisan, image pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya video display, flat planel display, speaker.
Software
         Perangkat lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.
         Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan diri dalam membuat perangkat lunak.
         Perangkat lunak sistem, ada 3 yaitu : sistem operasi, bahasa pemrograman dan program utility.
         Perangkat lunak aplikasi adalah program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk menyelesaikan suatu tugas khusus.
Sistem Operasi
         Sistem operasi yang biasa dikenal dengan singkatan OS merupakan program yang memiliki fungsi sebagai interface/penghubung antara pemakai dengan perangkat lunak dan perangkat keras. OS layaknya seperti manajer di dalam perusahaan , yaitu bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem komputer.
         Fungsi utama Sistem Operasi
         Manajemen proses, mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer.
         Manajemen sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem atau program aplikasi saat itu.
         Manajemen data, pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Tujuan utama Sistem Operasi :
         Mempermudah penggunaan sistem komputer terutama pemrogram.
         Memberikan layanan bagi program aplikasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer.
         Mengusahakan agar sumber daya sistem komputer digunakan secara efisien.
Contoh :
      MS-Dos (Microsoft Operating System)
      Microsoft Windows
      Unix
      Linux
      Mac OS
      Novell
      Solaris
Bahasa Pemrograman
Bahasa pemograman dibagi menjadi   :
-Bahasa tingkat rendah
Disebut juga dengan bahasa mesin (assembler), bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1.Contoh :Machine language,Assemble Language.
-Bahasa tingkat tinggi
Disebut  bahasa mesin yang sudah diterjemahkan ke dalam bahasa manusia(inggris),Contoh :Basic, Conbol, Fontran, Pascal.
-Bahasa generasi keempat
Disebut  bahasa pemograman yang berorientasi pada objek, Contoh :Visual Basic, Delphi,Visual C++.
Program Utility
Adalah program yang digunakan  untuk membantu meningkatkan kinerja sistem operasi.
Contoh :
      Norton Comander merupakan utility untuk mengelola file.
      Norton Disk Doctor merupakan utility untuk membantu mengecek hardisk yang rusak.
      Winzip merupakan utility untuk mengompres file
      TuneUp Utilities merupakan utility untuk meningkatkan kinerja sistem operasi
      Anti Virus merupakan utility untuk menjaga keamanan komputer
Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak ini membantu pengelolaan sumber daya fisik dan konseptual  perusahaan. PLA diperoleh dengan 2 cara yaitu:
         Membuat sendiri (custom programming)
         Sebagian perusahaan yang menggunakan komputer besar dengan dibantu  staf spesialis informasi, merancang sistem berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka adalah koleksi perangkat lunak (software library) dari program pesanan (custom program).
         Membeli jadi (preweritten package).
Beberapa program aplikasi jadi yang terdapat dipasaran dapat dikelompokkan menjadi empat kelompok :
aPaket Aplikasi Bisnis Umum
bPaket Aplikasi Khusus industri
c.Paket Aplikasi Peningkatan Produktivitas Organisasi
d.Paket Produktivitas Perorangan
Contoh program aplikasi jadi
      Word Processing (Pengolah kata)
      Spreadsheet (Pengolah angka)
      Presentasi
      Database (Pengolah data)
      Design Grafis (Pengolah Gambar)
      CAD (Computer Aid Design)
      Multimedia
      Internet
Peranan I/O & software dalam pemecahan masalah
Peranan peralatan input, output dan perangkat lunak dalam pemecahan masalah :
         Semua alat input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara langsung dan tidak langsung. 
Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan langsung),  source data automation device, microfilm (berperan tidak langsung).
         Seperti halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak langsung.
Contoh: sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri (berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet, analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).

Sumber
ftp.gunadarma.ac.id
rewiids.files.wordpress.com
http://acakacik.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar