DISUSUN
OLEH :
NAMA : DESSI AMELIA
NPM : 49211415
PROGRAM STUDY : BISNIS DAN KEWIRAUSAHAAN
BAB I
PENDAHULUAN
Komputer sekarang ini berbeda dengan model awalnya, semua
komputer mencerminkan arsitektur dasar yang sama. Diagram yang menggambarkan
arsitektur komputer ini disebut skema komputer (computer shematic).Penyimpanan
komputer (computer storage) mempunyai dua bentuk dasar, primer
dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan teknologi integrated circuit untuk
menyidiakan Random Access Memory (RAM), Read Only
Memory (ROM), dan cache memory.
Keyboard adalah
unit input komputer yang paling populer, dan efisiensinya
telah ditingkatkan dengan alat penunjuk (pointing device). Namun,
kontribusi yang lebih besar untuk mengurangi antrian input telah
dibuat dengan otomasi data sumber.Input suara (voice input) yang
sebelumnya dipandang sebagai solusi potensial atas masalah input,
tidak sesuai harapan.
Para pemakai menyukai output yang
ditampilkan, tetapi dokumen tercetak dapat dapat dibuat oleh beragam printer dan plotter. Output yang
lebih khusus tersedia dalam bentuk respon audio dan microform. Perangkat lunak
dapat dibagi menjadi 2 kategori utama yaitu sistem dan aplikasi. Perangkat
lunak sistem meliputi sistem operasi, program utility dan
penerjemah. Perangkat lunak aplikasi dapat dibuat spesialis informasi perusahaan
atau dibeli dalam bentuk jadi dari pemasok perangkat lunak. Perangkat lunak
jadi (Prewritten Software) mempunyai jenis pokok bisnis umum,
khusus industri, produktivitas organisasional dan produktivitas personal.
Satu alasan
untuk kepopuleran end-user computing adalah banyaknya
perangkat lunak aplikasi yang memudahkan pemakai (user friendly).
Kemudahan bagi pemakai ini dicapai melalui teknik-teknik seperti panduan
dialog (guided dialogue), penjelasan sesuai konteks (context
sensitive) dan grafis antar muka pemakai (graphical user
interface).
Akurasi
pemrosesan komputer sangat tergantung pada kualitas data input.
Kesalahan input dapat dikurangi tapi tidak dapat dihilangkan
seluruhnya dengan menyatukan pencegahan, pendeteksian dan perbaikan kesalahan
ke dalam rancangan sistem. Sebuah perkembangan dalam input dan
output komputer adalah multimedia, yang mengkombinasikan berbagai bentuk
presentasi visual dan audio.
BAB II
PEMBAHASAN
1. Dasar-dasar pemprosesan komputer
Arsitektur komputer
•
Peralatan
Input
•
Pemrosesan
pusat
•
Penyimpanan
sekunder
•
Peralatan
Output
Sampai saat ini komputer sudah mengalami perubahan
dari model awalnya, walaupun begitu semua komputer memiliki arsitektur dasar
yang sama.
Skema komputer
(computer schema), adalah diagram yang menggambarkan unit-unit dasar
yang terdapat dalam semua sistem komputer.
Skema
Komputer
•
Central
processing unit (CPU), yang mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain
dan mengubah input menjadi output.
-Primary storage (penyimpanan primer), berisi data
yang sedang diolah dan program.
-Control unit (unit pengendali), membuat semua unit
bekerja sama sebagai suatu sistem
-Arithmatika and logical Unit , tempat
berlangsungkan operasi perhitungan matematika dan logika.
•
Unit
Input, memasukkan data ke dalam primary
storage.
•
Secondary
storage (penyimpanan sekunder), menyedikan tempat untuk menyimpan program dan
data saat tidak digunakan.
•
Unit Output,
mencatat hasil pengolahan.
Peralatan Input
•
Beberapa alat
input memiliki fungsi ganda, yaitu sebagai alat input dan juga sebagai alat
output untuk menghasilkan data. Alat input/ouput demikian dikenal dengan terminal.
•
Bila terminal
dihubungkan dengan pusat komputer yang letaknya jauh dari terminal melalui alat
komunikasi, maka disebut dengan nama Remote Job Entry (RJE) terminal atau
Remote Batch terminal.
•
Alat input
dibagi ke dalam dua golongan yaitu alat input langsung dan tidak langsung.
•
Alat input
langsung memungkinkan input diproses secara langsung oleh CPU melalui alat
input tanpa terlebih dahulu dinmasukkan ke dalam media penyimpanan ekternal.
Alat input langsung terdiri dari beberapa golongan yaitu: keyboard, pointing
device, scanner, voice recognizer.
•
Alat input
tidak langsung , dimana data yang dimasukkan tidak langsung diproses oleh CPU,
tetapi direkam terlebih dahulu ke suatu media mechine readable form (bentuk
yang hanya dapat dibaca oleh komputer dan merupakan penyimpanan ekternal). Alat
input tidak langsung terdiri dari: key-to-card, key-to-tape, key-to-disk.
Peralatan Input
- KEYBOARD
- ALAT PENUNJUK
•
Mouse
•
Trackball
•
Touch screen
•
Light pen
•
Unit remote
control
- ALAT PEMBACA OPTIS
- ALAT PEMBACA MAGNETIK
- BERBICARA PADA KOMPUTER
Pemrosesan Pusat (CPU)
•
Bagian ini
berfungsi sebagai pemegang kendali dari jalannya kegiatan komputer, dan
dikarenakan itu, CPU juga disebut sebagai otak dari komputer. Selain dari pada
itu, CPU juga berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pelbagai pengolahan
data.
•
Pekerjaan
pengolahan data diantaranya: mencatat, melihat, membaca, membandingkan,
menghitung, mengingat, mengurutkan maupun membandingkan.
•
Dalam
bekerja, fungsi dari CPU terbagi menjadi :
•
Internal
Memory/Main Memory, berfungsi untuk menyimpan data dan program.
•
ALU
(Arithmatic Logical Unit), untuk melaksanakan perbagai macam perhitungan.
•
Control Unit,
bertugas untuk mengatur seluruh operasi computer
•
CPU juga
disebut sebagai microprocessor. Dimana untuk bekerja microprocessor dipengaruhi
oleh kapasitas pemrosesan Bit-nya dan juga frekwensi kerjanya.
•
Kapasitas bit
untuk Microprocessor ada 8 bit, 16 bit, 32 bit dan 64 bit. Kemampuan CPU
dilihat dari bit- nya, bila suatu processor berkapasitas pemrosesan 8 bit,
dapat diartikan bahwa pemrosesan tersebut memiliki 8 pintu masuk untuk menerima
bit-bit instruksi. Dengan demikian, processor 16 bit, dapat memproses kira-kira
2 kali lebih cepat dari yang 8 bit.
•
Faktor lain
yang mempengaruhi kecepatan kerja microprocessor adalah frekwensi kerja
komputer. Ada CPU yang mempunyai frekwensi 4.77 Mhz (mega hertz = juta hertz),
8 Mhz, 16 Mhz, 40 Mhz, 50 Mhz dan lain sebagainya. Semakin tinggi frekwensi
yang dimilikinya, semakin tinggi pula kecepatan memprosesnya.
Contoh :
•
Microprocesor
8 bit adalah 8088, biasa digunakan untuk komputer PC-XT dengan frekwensi 4.77
Mhz. Microprocessor 16 bit adalah 80286, dipasang untuk type PC-AT dengan
frekwensi antara 8 Mhz hingga 20 Mhz. Microprocessor 32 bit adalah 80386 dan
80486, kedua jenis microprocessor ini dipasang pada jenis PC-ATgan frekwensi
antara 20 Mhz hingga 40 MHZ. Kini beredar microprocessor jenis 80586 (pentium)
dan 80686
•
Microprocessor
586 dikenal dengan nama pentium, telah dirilis sejak bulan Maret 1993. Banyak
perubahan dan peningkatan pada processor ini. Kecepatan yang dimiliki adalah
112 MIPS (Million Instruction PerSecond) atau meningkat 5 kali lebih cepat dari
generasi 486.
Penyimpanan primer (primary storage)
•
Penyimpanan
primer ada dalam beberapa bentuk yang memberikan beragam kemampuan dalam hal
operasi dan kecepatan. Ukuran dari penyimpanan primer ditunjukkan dalam satuan
Kilo Byte(KB), Mega Byte(MB), Giga Byte(GB).
•
Bentuk-bentuk
penyimpanan primer:
•
RAM (random
access memory), adalah memori yang dapat diakses yaitu memori yang dapat diisi
dan diambil isinya. RAM bersifat volatile karena isinya akan hilang bilang
listrik padam.
•
ROM (read
only memory) adalah memori yang hanya dapat dibaca dan bersifat non volatile
yaitu isi dari ROM tidak akan hilang jika listrik padam. ROM berisikan intruksi
dan data yang memberitahukan komputer
apa yang akan dilakukan pada saat komputer dinyalakan.
•
Cache Memory
merupakan RAM khusus yang diletakkan antara processor. Cache memory akan dibaca
terlebih dahulu oleh processor sebelum mencari intruksi atau data di RAM biasa.
Contoh penyimpanan sekunder sebagai berikut :
•
Disket
•
Zip disk
•
Disk optic : CD & DVD
•
Pita magnetik
•
Smartcard
•
Blue-Ray
•
Hardisk
•
Memory flash
Peralatan Output
•
Output yang
dihasilkan pengolahan data dapat digolongkan ke dalam 4 macam bentuk, yaitu :
tulisan, image, suara, dan bentuk yang hanya dapat di baca dan dimengerti
komputer.
•
Tiga yang
pertama adalah output yang dapat dipergunakan langsung oleh manusia, sedangkan
yang ke empat digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya atau sebagai
input komputer yang lain.
•
Alat output
dapat berbentuk :
•
Hard copy,
alat yang digunakan untuk mencetak tulisan, angka, karakter khusus dan simbol
serta image pada media hard (keras) seperti misalnya kertas atau film. Misalnya
Printer, Plotter, COM (Computer Output Microform)
•
Soft copy,
alat yang digunakan untuk menampilkan
tulisan, image pada media soft (lunak) yang berupa sinyal elektronik. Misalnya
video display, flat planel display, speaker.
Software
•
Perangkat
lunak (software) adalah satu atau kumpulan dari beberapa program yang berisi
intruksi/perintah untuk melakukan proses pengolahan data. Perangkat lunak terbagi perangkat lunak sistem
dan perangkat lunak aplikasi.
•
Perangkat
lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar yang diperlukan semua pemakai
komputer yang berhubungan dengan perangkat keras. Perangkat lunak ini
disediakan oleh pembuat perangkat keras atau oleh perusahaan yang mengkhususkan
diri dalam membuat perangkat lunak.
•
Perangkat
lunak sistem, ada 3 yaitu
: sistem operasi, bahasa pemrograman dan program utility.
•
Perangkat
lunak aplikasi adalah
program yang dibuat oleh pemakai menggunakan bahasa pemrograman untuk
menyelesaikan suatu tugas khusus.
Sistem
Operasi
•
Sistem
operasi yang biasa dikenal dengan singkatan OS merupakan program yang memiliki
fungsi sebagai interface/penghubung antara pemakai dengan perangkat lunak dan
perangkat keras. OS layaknya seperti manajer di dalam perusahaan , yaitu
bertanggung jawab, mengendalikan dan mengkoordinasikan kegiatan dari sistem
komputer.
•
Fungsi utama
Sistem Operasi
•
Manajemen
proses, mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer.
•
Manajemen
sumber daya, berkaitan dengan pengendalian terhadap pemakaian sumber daya dalam
sistem komputer yang dilakukan oleh program sistem atau program aplikasi saat
itu.
•
Manajemen
data, pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal
pengalokasian dalam piranti penyimpan sekunder maupun dalam memori utama.
Tujuan
utama Sistem Operasi :
•
Mempermudah
penggunaan sistem komputer terutama pemrogram.
•
Memberikan
layanan bagi program aplikasi untuk memanfaatkan sumber daya komputer.
•
Mengusahakan
agar sumber daya sistem komputer digunakan secara efisien.
Contoh :
• MS-Dos (Microsoft Operating
System)
• Microsoft Windows
• Unix
• Linux
• Mac OS
• Novell
• Solaris
Bahasa Pemrograman
Bahasa
pemograman dibagi menjadi :
-Bahasa
tingkat rendah
Disebut juga dengan bahasa
mesin (assembler), bahasa ini menggunakan kode angka 0 dan 1.Contoh :Machine
language,Assemble Language.
-Bahasa
tingkat tinggi
Disebut bahasa mesin yang sudah diterjemahkan ke
dalam bahasa manusia(inggris),Contoh :Basic, Conbol, Fontran, Pascal.
-Bahasa
generasi keempat
Disebut bahasa pemograman yang berorientasi pada
objek, Contoh :Visual Basic, Delphi,Visual C++.
Program Utility
Adalah program yang
digunakan untuk membantu meningkatkan
kinerja sistem operasi.
Contoh :
• Norton Comander merupakan
utility untuk mengelola file.
• Norton Disk Doctor merupakan
utility untuk membantu mengecek hardisk yang rusak.
• Winzip merupakan utility
untuk mengompres file
• TuneUp Utilities merupakan
utility untuk meningkatkan kinerja sistem operasi
• Anti Virus merupakan
utility untuk menjaga keamanan komputer
Perangkat Lunak Aplikasi
Perangkat lunak ini membantu pengelolaan sumber
daya fisik dan konseptual perusahaan.
PLA diperoleh dengan 2 cara yaitu:
•
Membuat
sendiri (custom programming)
•
Sebagian
perusahaan yang menggunakan komputer besar dengan dibantu staf spesialis informasi, merancang sistem
berbasis komputer untuk memenuhi kebutuhan unik perusahaan. Produk mereka
adalah koleksi perangkat lunak (software library) dari program pesanan (custom
program).
•
Membeli
jadi (preweritten package).
Beberapa program
aplikasi jadi yang terdapat dipasaran dapat dikelompokkan menjadi empat
kelompok :
aPaket Aplikasi Bisnis
Umum
bPaket Aplikasi Khusus
industri
c.Paket Aplikasi
Peningkatan Produktivitas Organisasi
d.Paket Produktivitas
Perorangan
Contoh program
aplikasi jadi
• Word Processing (Pengolah kata)
• Spreadsheet (Pengolah angka)
• Presentasi
• Database (Pengolah data)
• Design Grafis (Pengolah Gambar)
• CAD (Computer Aid Design)
• Multimedia
• Internet
Peranan I/O & software dalam
pemecahan masalah
Peranan peralatan
input, output dan perangkat lunak dalam pemecahan masalah :
•
Semua alat
input dan output dapat berkontribusi pada pemecahan masalah baik secara
langsung dan tidak langsung.
Contoh: keyboard , display, printer dan plotter (berperan
langsung), source data automation
device, microfilm (berperan tidak langsung).
•
Seperti
halnya perangkat keras, perangkat lunak dapat juga berperan langsung atau tidak
langsung.
Contoh:
sistem operasi (berperan tidak langsung), aplikasi bisnis umum dan industri
(berperan tidak langsung), sebagian perangkat lunak aplikasi peningkatan
produktivitas organisasi perorangan (berperan tidak langsung), spreadsheet,
analisis statistik dan perkiraan, manajemen proyek (berperan langsung).
Sumber
ftp.gunadarma.ac.id
rewiids.files.wordpress.com
http://acakacik.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar